Ini Catatan Bambang Haryo Terkait Palang Pintu Kereta Api

Home / Berita / Ini Catatan Bambang Haryo Terkait Palang Pintu Kereta Api
Ini Catatan Bambang Haryo Terkait Palang Pintu Kereta Api Bambang Haryo Soekartono, Anggota Komisi V DPR RI. (Dok TIMES Indonesia).

TIMESMERAUKE, JAKARTA – Politisi Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono menyatakan banyaknya perlintasan kereta api yang belum punya penutup palang pintu dan belum ada penjaga rawan terjadi kecelakaan.

Menurutnya, perlintasan kereta api yang bersimpangan dengan angkutan jalan raya ini tentunya dibutuhkan sistem penjagaan atau alarmnya yang harus bagus.

“Terutama penjaganya harus tahu jadwal yang jelas kapan kereta api akan lewat,” kata Bambang Haryo, melalui siaran tertulis kepada TIMES Indonesia, Kamis (15/11/2818).

Ia menyebutkan, dari data yang ada, jumlah perlintasan kereta api di Indonesia yang yang belum memiliki alat palang penutup cukup banyak sekitar 60 persen dan bahkan 40 persen belum ada penjaganya.

Lebih jauh, Bambang menyampaikan, terkait Infaskruktur Maintence Operasional (IMO) digunakan oleh kereta api yang sudah dianggarkan untuk penjaga palang pintu dikurangi. 

“Seharusnya anggaran itu tidak boleh dikurangi, tapi saya lihat itu dari Rp 1,7 Triliun yang diajukan hanya direalisasi Rp 1,3 Triliun,” papar Anggota Komisi V DPR RI ini. 

Ia mengatakan, akibat pengurangan anggaran tersebut, bisa berakibat rawan terjadi kecelakaan yang menimbulkan nyawa publik. 

Bukan hanya soal itu, kata Bambang, Dirjen PT KAI juga berencana akan mengajukan untuk merekrut tenaga yang bertugas sebagai penjaga palang pintu kereta api. “Tetapi itu kan dianggarkan kecil sekali, cuma Rp 20 Milyar saja,” ujarnya.

Bambang berharap pemerintah agar lebih serius terutama soal anggaran untuk keselamatan nyawa publik jangan sampai dikurangi dan juga soal sumber daya manusia yang akan bertugas menjaga palang pintu kereta api. 

Selain itu, Bambang Haryo Soekartono juga meminta pihak PT KAI dan Kepolisian terus berupaya untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang Perundangan Undangan Perkeretaapian saat melintas di palang pintu perlintasan kereta api(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com